Kamis, 23 Juni 2016

Tips dan Trik Menggunakan Google Drive

1.Masuklah ke Google Drive dengan akun Google Anda. Jika Anda belum memiliki akun Google, Anda bisa membuatnya secara gratis. Google Drive memungkinkan Anda menyimpan berkas Anda di internet, juga membuat dokumen serta form melalui antarmuka webnya.

2.Tambahkan berkas pada akun Google Drive Anda. Ada dua cara untuk menambahkan berkas pada akun Anda. Anda bisa membuat dokumen langsung di Google Drive, atau Anda bisa mengunggah berkas dari komputer Anda. Untuk membuat berkas baru, klik tombol CREATE. Untuk mengunggah, pilih ikon panah atas di sebelah tombol CREATE.

3.Ubahlah cara sortir berkas di akun Anda. Anda bisa memilih untuk menampilkan berkas dengan ikon besar (Grid) atau sebagai gambar (List). Modus List akan memperlihatkan sekilas siapa pemilik berkas, dan kapan berkas tersebut terakhir diubah. Modus Grid akan menampilkan pratinjau laman pertama berkas. Anda bisa mengganti modus ini dengan menekan tombol di sebelah tombol gigi roda bagian kanan halaman.

4.Gunakan bilah navigasi di bagian kiri untuk mengakses berkas Anda. “My Drive” adalah lokasi dimana berkas dan folder unggahan Anda disimpan. “Shared with Me” adalah berkas yang dibagi-pakai dengan Anda oleh pengguna Drive lain. Berkas “Starred” adalah berkas yang Anda tandai sebagai berkas penting, dan “Recent” menampung berkas-berkas yang baru Anda sunting.  Anda bisa menarik dan menjatuhkan berkas dan folder pada Drive untuk mengaturnya sesuai keperluan Anda.

• Klik kotak cek untuk memilih beberapa berkas dan folder. Anda kemudian dapat melakukan aksi pada berkas terpilih dengan memilih tombol pada bagian atas halaman. Jika Anda menggunakan tampilan ikon/Grid, kotak cek akan muncul saat Anda mengarahkan kursor Anda pada dokumen. Ada beberapa opsi yang tersedia di bawah “More”.
• Klik ikon folder bertanda “+” untuk membuat folder baru di Google Drive Anda. Anda bisa membuat folder di dalam folder untuk mengatur berkas Anda.
5.Lakukan pencarian berkas. Anda bisa mencari dokumen atau folder di Google Drive Anda dengan bilah pencarian di bagian atas halaman. Google Drive akan mencari berkas berdasarkan judul, konten dan pemilik berkas. Jika sebuah berkas memiliki/mengandung kata yang sama dengan kata yang dicari, berkas tersebut akan muncul di bawah bilah pencarian selagi Anda mengetik, jadi Anda bisa memilihnya dengan cepat.
6.Unduhlah Google Drive untuk perangkat Anda. Anda bisa mengunduh Google Drive untuk perangkat Android atau iOS, yang memungkinkan Anda mengakses berkas melalui perangkat tersebut. Aplikasi ini bisa diunduh di toko aplikasi Anda (Play Store atau iTunes), namun mungkin tidak memiliki fitur penyuntingan yang sama seperti di komputer.
Sumber : http://id.wikihow.com/Menggunakan-Google-Drive

Tidak ada komentar:

Posting Komentar