Kamis, 23 Juni 2016

Kota Wisata Batu

  • Ciri khas :
    Kota Batu adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 15 km sebelah barat Kota Malang, berada di jalur Malang-Kediri dan Malang-Jombang. Kota Batu berbatasan langsung dengan Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan di sebelah utara serta dengan Kabupaten Malang di sebelah timur, selatan, dan barat. Wilayah kota ini berada di ketinggian 680-1.200 meter dari permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 15-19 derajat Celsius.
    Ada pula objek wisata terbaru di Kota Batu berupa wisata udara paralayang. Setiap hari Minggu, di alun-alun Batu diselenggarakan Pasar Wisata Minggu yang menjual makanan khas Batu serta berbagai macam kerajinan tangan. Jatim Park merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Jawa Timur dan kini menjadi salah satu ciri khas Kota Batu dan Malang. Di kota ini banyak terdapat villa serta sejumlah hotel berbintang lima.
    Batu juga dikenal sebagai kawasan agropolitan, sehingga mendapat julukan Kota Agropolitan. Seperti halnya kawasan Malang Raya dan sekitarnya, Batu banyak menghasilkan apel, sayur mayur, dan bawang putih. Batu juga dikenal sebagai kota seniman. Ada banyak sanggar lukis dan galeri seni di kota ini. Yang terbaru Batu Night Spectaculer, Jatim Park 1, Museum Satwa dan Museum Angkut.
  • Budaya Seni Sanduk:
    Sanduk adalah sebuah tarian yang dimainkan oleh banyak orang serta diiringi dengan musik pengiringnya. Tari sanduk dapat diikuti oleh semua orang tidak terkecuali dan tidak mengenal umur, baik anak-anak maupun orang dewasa. Tarian ini biasanya ditampilkan pada saat perayaan-perayaan tertentu maupun festifal yang diperlombakan.
  • Makanan Khas Kota Batu:
    Selain terkenal dengan wisata budayanya Kota Batu juga terkenal dengan makanan dan minuman khasnya, berikut adalah makanan dan minuman khas Kota Batu:
    Kripik ApelKeripik apel adalah keripik hasil olahan buah apel yang digoreng dengan cara khusus, biasanya menggunakan mesin penggoreng hampa. Jika menggunakan cara penggorengan biasa yakni dengan menggunakan kuali/wajan buah apel tidak akan menjadi keripik karena buah akan rusak terkena suhu panas yang berlebih. Dengan menggunakan mesin penggoreng hampa buah apel digoreng dengan suhu yang lebih rendah sekitar 50°-60°C sehingga tidak merusak buah apel tersebut.
    Jenang Apel Jenang apel adalah salah satu makanan khas Kota Batu yang berbahan dasar apel. Buah apel diolah menjadi bubur dan dimasak hingga benar-benar matang dan sedikit mengeras. Rasa jenang apel ini sangat manis. Jenang apel sangat cocok dijadikan oleh-oleh khas kota Batu.
    Sari Apel
    Sari apel adalah salah satu minuman yang terkenal dari Kota Batu. Sari apel adalah minuman yang berbahan dasar apel yang dioleh dan diambil sarinya. Sari apel sangat cocok dijadikan oleh-oleh khas Kota Batu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar