1.Masuklah ke Google Drive dengan akun Google Anda. Jika Anda belum
memiliki akun Google, Anda bisa membuatnya secara gratis. Google Drive
memungkinkan Anda menyimpan berkas Anda di internet, juga membuat
dokumen serta form melalui antarmuka webnya.
2.Tambahkan berkas pada akun Google Drive Anda. Ada dua cara untuk
menambahkan berkas pada akun Anda. Anda bisa membuat dokumen langsung di
Google Drive, atau Anda bisa mengunggah berkas dari komputer Anda.
Untuk membuat berkas baru, klik tombol CREATE. Untuk mengunggah, pilih
ikon panah atas di sebelah tombol CREATE.
3.Ubahlah cara sortir berkas di akun Anda. Anda bisa memilih untuk
menampilkan berkas dengan ikon besar (Grid) atau sebagai gambar (List).
Modus List akan memperlihatkan sekilas siapa pemilik berkas, dan kapan
berkas tersebut terakhir diubah. Modus Grid akan menampilkan pratinjau
laman pertama berkas. Anda bisa mengganti modus ini dengan menekan
tombol di sebelah tombol gigi roda bagian kanan halaman.
4.Gunakan bilah navigasi di bagian kiri untuk mengakses berkas Anda.
“My Drive” adalah lokasi dimana berkas dan folder unggahan Anda
disimpan. “Shared with Me” adalah berkas yang dibagi-pakai dengan Anda
oleh pengguna Drive lain. Berkas “Starred” adalah berkas yang Anda
tandai sebagai berkas penting, dan “Recent” menampung berkas-berkas yang
baru Anda sunting. Anda bisa menarik dan menjatuhkan berkas dan folder
pada Drive untuk mengaturnya sesuai keperluan Anda.
• Klik kotak cek untuk memilih beberapa berkas dan folder. Anda
kemudian dapat melakukan aksi pada berkas terpilih dengan memilih tombol
pada bagian atas halaman. Jika Anda menggunakan tampilan ikon/Grid,
kotak cek akan muncul saat Anda mengarahkan kursor Anda pada dokumen.
Ada beberapa opsi yang tersedia di bawah “More”.
• Klik ikon folder bertanda “+” untuk membuat folder baru di Google
Drive Anda. Anda bisa membuat folder di dalam folder untuk mengatur
berkas Anda.
5.Lakukan pencarian berkas. Anda bisa mencari dokumen atau folder di
Google Drive Anda dengan bilah pencarian di bagian atas halaman. Google
Drive akan mencari berkas berdasarkan judul, konten dan pemilik berkas.
Jika sebuah berkas memiliki/mengandung kata yang sama dengan kata yang
dicari, berkas tersebut akan muncul di bawah bilah pencarian selagi Anda
mengetik, jadi Anda bisa memilihnya dengan cepat.
6.Unduhlah Google Drive untuk perangkat Anda. Anda bisa mengunduh
Google Drive untuk perangkat Android atau iOS, yang memungkinkan Anda
mengakses berkas melalui perangkat tersebut. Aplikasi ini bisa diunduh
di toko aplikasi Anda (Play Store atau iTunes), namun mungkin tidak
memiliki fitur penyuntingan yang sama seperti di komputer.
Sumber : http://id.wikihow.com/Menggunakan-Google-Drive
Tidak ada komentar:
Posting Komentar